Sunday, October 09, 2016

Inovasi Produk Dibidang Media

Nama : Rizal Kafelnikov, Shendy Pramantino & Yosef Benyamin
Kelas : 2KA27
Mata Kuliah : Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern



Inovasi Produk Pada Videografi


Pendahuluan


Videografi adalah media untuk merekam suatu moment/kejadian yang dirangkum dalam sebuah sajian gambar dan suara yang dapat kita nikmati dikemudian hari baik sebagai sebuah kenangan ataupun sebagai bahan kajian untuk mempelajari apa yang sudah/pernah terjadi.

Videografi sendiri banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari individu hingga kelompok. Bahkan setiap negara dapat dipastikan memiliki arsip tentang sejarah negaranya yang berupa video.
Kemudahan yang disediakan oleh perkembangan teknologi videografi digital, membuat setiap orang mampu (atau merasa mampu) melakukan apa saja selama piranti tersedia, meski terkadang mengabaikan atau tidak menyadari prinsip-prinsip dasarnya, baik secara teknis maupun estetis.

Istilah dalam videografi :

Gerakan Kamera :

Panning adalah gerakan kamera menyamping. Pann left gerakan ke arah kiri dan pann right gerakan ke arah kanan.
Tilting adalah gerakan kamera secara vertical atau atas bawah. Tilt Up gerakan naik dan Tilt Down gerakan turun.
Tracking adalah gerakan kamera dengan arah maju dan mundur atau depan belakang, bisa dengan bantuan doly atau rel kereta. Track In gerakan maju kedepan dan Track Out gerakan mundur kebelakang.
Crane adalah gerakan kamera meninggi atau merendah.
Following adalah gerakan kamera mengikuti objek atau actor
Pengambilan Gambar :

Bird Eye View
Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian objek. Hasilnya akan terlihat lingkungan yang luas dan benda-benda lain tampak kecil dan berserakan.
High Angle
Sudut pengambilan dari atas objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat kecil.
Low Angle
Sudut pengambilan dari arah bawah objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat besar. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai agung/ prominance, berwibawa, kuat, dominan. 
Eye Level
Sudut pengambilan gambar sejajar dengan objek. Hasilnya memperlihatkan tangkapan pandangan mata seseorang. Teknik ini tidak memiliki kesan dramatis melainkan kesan wajar.

Analisis

Dalam bidang videografi produk inovasinya yaitu Drone Camera dan Action Cam.
  1. Drone camera berguna untuk mengambil gambar jauh di atas yang dilengkapi dengan baling - baling seperti helicopter. Jadi kita hanya mengontrol melalui remot control dari jauh. Dan previewnya bisa dilihat di layar pada remot kontrolnya. Jadi tidak perlu menggunakan helicopter lagi untuk mengambil gambar dari jauh dari atas.

    Drone Camera Phantom

    Remote Control Drone Camera
  2. Action Camera perangkat kamera yang dirancang kokoh dengan tombol dan fungsi yang simpel untuk mengabadikan berbagai momen dan sangat berbeda dengan kamera konvesional yang dioperasikan menggunakan tangan. Action Camera bisa dibilang kamera "Point To View" sebab sebagian besar action camera dikenakan di tubuh atau perangkat tertentu misalnya di dada, lengan, kepala bahkan di kap mobil, di atas helm, di handlebar motor cross dan tempat lainnya. Dari sinilah sudut pandang orang pertama atau POV (Point To View) muncul. Action camera ini juga tahan air dan tahan banting, jadi digunakan di olahraga ekstrim sangat cocok. Biasanya action camera ini dipakai untung merekam kegiatan olahraga, seperti moto trail, skateboarding, terjun bebas dan masih banyak lagi. Selain untuk olahraga juga dipakai untuk pembuatan film, seperti pada film Hardcore Henry yang mengutamakan POV pada film tersebut.

    Hardore Henry Trailer HD


    Action Camera GoPro Hero 5

Referensi



No comments:

Post a Comment