Menurut Michael Wedemeyer, ITSM
adalah suatu IT Service Management yang memiliki kemampuan untuk memberikan
nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan; dan Kemampuan itu bertujuan untuk
lebih meningkatkan ke-efektif-an dan efisiensi dalam pemberian layanan kepada
pelanggan.
Sedangkan menurut Ivanka Menken, IT Service Management adalah
manajemen dari semua proses yang bekerja sama untuk memastikan kualitas
layanan, sesuai dengan tingkat layanan yang telah disepakati dengan pelanggan.
Seperti inisiasi, desain, organisasi, pengendalian, pengadaan, dukungan dan
peningkatan layanan TI, disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pelanggan.
Jadi
saya simpulkan bahwa Information Technology Service Management (ITSM) atau
Manajemen Layanan Teknologi Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem
teknologi informasi yang terpusat pada perspektif konsumen layanan teknologi
informasi terhadap bisnis perusahaan. Pada saat ini, banyak perusahaan yang
menggunakan ITSM untuk menunjang usaha
mereka agar lebih baik lagi. Maka dari itu dibutuhkan pengetahuan yang baik
tentang bagaimana me-manajemen layanan teknologi informasi itu sendiri. ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki
minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses
(seperti TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI). Disiplin ini
tidak mempedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail
teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan
kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan TI dan
interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
Manfaat ITSM
- Biaya kualitas pelayanan dapat dibenarkan
- Proses Bisnis yang terjadi dapat lebih terpusat
- Peningkatan mutu penyediaan layanan
- Setiap orang mengetahui peran dan tanggung jawab mereka
dalam penyediaan layanan
- Belajar dari pengalaman sebelumnya
- Pelayanan yang memenuhi bisnis, pelanggan dan tuntutan dari
user
- Indikator kinerja dapat dibuktikan
Kerangka
kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan contoh penerapan ITSM di
antaranya:
·
Information
Technology Infrastructure Library (ITIL)
·
Control
Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
·
Software
Maintenance Maturity Model
·
PRM-IT
IBM's Process Reference Model for IT
·
Application
Services Library (ASL)
·
Business
Information Services Library (BISL)
·
Microsoft
Operations Framework (MOF)
·
eSourcing
Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability Model for
Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management.
Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM#Pranala_luar
https://wawanzone.wordpress.com/2011/03/02/manajemen-layanan-teknologi-informasi/
http://arifdlh.blogspot.co.id/2016/04/manajemen-layanan-teknologi-informasi.html
https://wawanzone.wordpress.com/2011/03/02/manajemen-layanan-teknologi-informasi/
http://arifdlh.blogspot.co.id/2016/04/manajemen-layanan-teknologi-informasi.html
No comments:
Post a Comment