Friday, November 24, 2017

Sistem Cerdas Dalam Kehidupan Sehari-hari


Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Disini saya membahas tentang belanja online. Toko online saat ini merupakan salah satu pilihan bagi banyak orang untuk membeli dan menjual barang dagangan. Kemudahan aplikasi dan perkembangan teknologi merupakan salah satu hal yang menjadi pemicu jualan online menjadi salah satu pilihan yang banyak diambil oleh para pebisnis. Dengan menggunakan manfaat jaringan komputer dan internet yang semakin canggih akan membuat para pebisnis merasakan manfaat online shop dalam sekala besar akan lebih banyak. Terlebih bagi yang menggunakan media sosial dalam pemasarannya, karena sebagian besar masyarakat Indonesia pastinya lebih melihat media sosial karena lebih mudah untuk di akses. Dan pastinya toko online ada kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari toko online.

Kelebihan berbelanja online
      1.  Tidak perlu mengelurkan biaya lebih untuk menyewa toko secara fisik
Kelebihan jualan online yang pertama adalah anda tidak perlu repot-repot memiliki sebuah toko ataupun menyewa toko secara fisik. Ya, toko online anda bisa menggunakan berbagai macam platform dan media yang tersedia di dalam dunia internet.
2.  Gratis
Tentu saja, toko online adalah salah satu bentuk sistem jual beli yang gratis. Meskipun kita juga bisa mengembangkan sendiri toko online secara independen dengan membayar sejumlah dana untuk mengembangkan bisnis dan juga sistem tersebut.
3.  Hemat Waktu & Tenaga
Pastinya, karena toko online penjual & pembeli tidak harus bertatap muka. Cukup pesan dari salah satu website toko online, transfer, kemudian barangnya akan dikirimkan ke pembeli.
4.  Pembayaran
Pembayaran lebih mudah dilakukan, selain bisa transfer melalui ATM atau mobile banking. Kebanyakan toko online saat ini sudah menyediakan pembayaran lewat toko swalayan seperti Indomaret & Alfamart.

Kekurangan berbelanja online
      1.  Rawan akan penipuan
Penipuan merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada sistem jual bel online, baik menggunakan mesia sosial maupun e-commerce.
2.  Tidak bisa melihat barang secara langsung
Karena bersifat online, jadi kita hanya bisa lihat barang berdasarkan gambar yang penjual tampilkan tidak bisa melihat barang langsung.
3.  Pengiriman
Faktor pengiriman yang lambat biasa terjadi pada jual beli online. Misalnya kita sudah melakukan pembayaran, tetapi barang yang kita pesan malah baru dikirim besok atau lusa oleh si penjual
4.  Biaya transportasi
Karena ada pengiriman, pasti ada biaya tambahan untuk jasa pengiriman. Biasanya yang dikeluhkan konsumen jika mengirim barang-barang yang berat atau konsumen yang berada di luar kota

Semoga dengan adanya toko online di Indonesia bisa meningkatkan perekonomian Negara memajukan ekonomi indonesia dan membuka peluang usaha.


Referensi : 
https://boenesaja.blogspot.co.id/2012/08/kelebihan-dan-kekurangan-belanja-online.html

No comments:

Post a Comment